LOG SERVER FIREWALL

LOG SERVER FIREWALL

1.     PENGERTIAN

a.      Firewall adalah Sistem Keamanan jaringan computer yang digunakan untuk melindungi computer dari beberapa jenis serangan dari computer luar.
b.      Log server firewall yaitu mendata semua aliran data yang masuk pada level aplikasi di server.

2.     FUNGSI DAN TUJUAN FIREWALL

·         Tujuan Firewall yaitu digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Bukan hanya memiliki tujan firewal juga memiliki fungsi sebagai berikut :

a.      Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan
b.      Melakukan autentifikasi terhadap akses
c.       Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
d.      Serta mencatat dan melaporkan semua masalah kepada administrator


3.     TUJUAN PENGGUNAAN FIREWALL
·         Firewall digunakan untuk mencegah atau mengendalikan aliran data, melindungi dan menyaring serta menolak semua kegiatan/hubungan pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkup,memfilter dan meng-audit trafict yang melintasi perbatasan antar jaringan.

4.     CARA KERJA FIREWALL

·         Firewall pada dasarnya merupakan penghalang antara komputer dan internet. Firewall berada di antara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berfungsi sebagai pelindung. Contohnya saja, firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan. cara kerja firewall yaitu menyaring lalu lintas jaringan yang menggunakan alamat IP, nomor port, dan protokol, tapi saat ini fire-wall dapat menyaring data dengan mengidentifikasi pesan konten itu sendiri. Dengan bantuan fire-wall, informasi sensitif atau tidak layak dapat dicegah melalui interface. Pastikan sistem keamanan jaringan di lapisi firewall

5.     METODE FIREWALL

Dalam firewall ada beberapa metode yang digunakan untuk mengatur lalu lintas masuk dan keluarnya data dalam sebuah jaringan, berikut metodenya :
                                                              I.            Packet filtering
Metode ini digunakan untuk menganilisa dan membandingkan paket filter-filter lainnya dengan paket yang memiliki seperangkat aturan yang datang dengan menerima dan menolak yang dapat dikonfigurasi secara manual oleh administrator firewall.
                                                            II.            Stateful inspeksi
Merupakan penggabungan keunggulan firewall yang ditawarkan oleh packet-filtering firewall,stateful firewall bertugas untuk melakukan filtering berdasarkan karakteristik paket. Firewall ini hanya tersedia pada beberapa firewall kelas atas, semacam Cisco PIX. Karena menggabungkan keunggulan jenis-jenis firewall lainnya, stateful firewall menjadi lebih kompleks.

6.     MANFAAT FIREWALL

Manfaat utama firewall yaitu mencegah modifikasi data yang tidak sah di website. Bukan hanya itu saja adapun manfaatnya sebagai berikut :
a.       menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan. 
b.      mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi file, dan bermain-main di jaringan.Aplikasi jenis ini berguna terutama dalam sektor korporasi.

KESIMPULAN :
keberadaan suatu firewall sangat penting digunakan dalam suatu jaringan yang terkoneksi langsung ke internet atau yang lebih dikenal dengan jaringan publik yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Sehingga peran firewall disana sangat berguna karena sebagai pembatas yang mengatur dan mengendalikan akses yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah ancaman-ancaman dari internet yang masuk ke jaringan lokal.

1.      Jelaskan pengertian dari firewall !
2.      Jelsakan tujuan dari penggunaan firewall !
3.      Sebutkan fungsi dari firewall !
4.      Jelaskan manfaat dari firewall 1

5.      Bagaimanakah cara kerja firewall !
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

3 komentar: